Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Kesiapan Arus Mudik, Menhub Sidak Terminal Kalideres

Kompas.com - 27/05/2017, 19:00 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna memastikan kesiapan arus mudik Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi mendadak di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (27/5/2017).

Sidak tersebut dilakukan tepat di hari pertama puasa, sesampainya di Terminal Kalideres, Menhub langsung meninjau tempat pembelian tiket bus antar kota antar provinsi.

Menhub Budi Karya juga sempat berkomunikasi dengan beberapa calon penumpang bus yang sedang menunggu keberangkatan bus di ruang tunggu terminal.

"Mau ke mana ibu? Lebih enak naik kereta atau bus? Bayar harga tiket berapa?" tanya Menhub Budi Karya kepada salah satu penumpang.

Sri Sundari menuturkan, dirinya akan kembali ke kampung halammnya di Purwodadi, Jawa Tengah.

"Kadang naik kereta juga pak, tapi ini sudah Rp 225.000 tiket (kereta). Jadi naik bis, Rp 185.000," jelasnya.

Kemudian, dalam sidak tersebut Menhub Budi Karya juga melakukan pengecekan secara acak mulai dari surat-surat izin bus yang akan melayani arus mudik, hingga pengecekan fisik dan kelaikan bus.

"Hari ini saya dan Dirjen Perhubungan Darat sengaja melakukan kunjungan ke Teminal Kalideres untuk melihat persiapan Lebaran, dan dari apa yang kami lihat dan dari apa yang kami amati dari kendaraan sudah baik dan rata-rata bus sudah memiliki uji kir," papar Menhub.

Menhub mengaharapkan, baik dari pengelola terminal yakni Dinas Perhubungan, Kepolisian, dan Perusahaan Otobus untuk mempersiapkan diri guna menghadapi musim mudik 2017.

Menurutnya, berbagai pemangku kepentingan perlu melakukan sinergitas antar lembaga agar mudik tahun ini bisa berjalan dengan baik, aman, dan lancar. 

(Baca: Menhub Minta Kapal Penyebarangan Merak-Bakauheni Diremajakan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com