Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teror Bom Tak Berdampak pada Perekonomian

Kompas.com - 30/05/2017, 17:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi teror bom di Kampung Melayu, Jakarta Timur pekan lalu sempat membuat Jakarta gempar. Banyak masyarakat khawatir dengan keamanan di Ibu Kota.

Namun, ledakan yang menelan korban jiwa tersebut sepertinya tidak terlalu berdampak terhadap perekonomian.

Buktinya, nilai tukar rupiah tetap stabil dan pasar saham yang tercermin dari indeks harga saham gabungan (IHSG) tetap bagus.

Mengapa aksi ledakan bom seperti yang terjadi di Kampung Melayu tidak menggoyahkan minat investor untuk tetap menanamkan modalnya di pasar saham Indonesia?

(Baca:Teror Bom Kampung Melayu Tak Pengaruhi Kepercayaan Investor

"Kita sudah lihat beberapa data dan pengalaman, biasanya (aksi teror) bom tidak ada pengaruh ke pasar saham kita," kata analis Investa Saran Mandiri Hans Kwee kepada Kompas.com.

Hans menjelaskan, pertama kali Indonesia diguncang aksi teror bom adalah peristiwa Bom Bali. Saat itu, pasar sempat terkoreksi dan investor asing sempat keluar dari Indonesia.

Kemudian ada beberapa rangkaian aksi teror bom berikutnya yang terjadi, tidak hanya di Indonesia, namun juga di berbagai negara. Dengan berbagai peristiwa itu, investor menyadari bahwa aksi teror bisa terjadi di mana saja.

"Akhir-akhir ini kita lihat kalau ada aksi terorisme, pasar tidak terkoreksi, bahkan positif pergerakannya. Orang sudah realistis berpikir bahwa aksi-aksi terorisme seperti ini tidak mengganggu roda perekonomian dan tidak mempengaruhi fundamental ekonomi kita," ungkap Hans.

Investor asing tidak melarikan dananya keluar dari Indonesia karena mereka sudah belajar bahwa pemerintah dan aparat cepat memulihkan keamanan dan situasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com