Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Persediaan Uang Tunai Cukup untuk Penuhi Kebutuhan Lebaran

Kompas.com - 30/05/2017, 18:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan persediaan uang tunai yang dimiliki bank sentral cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada periode hari raya Idul Fitri. Adapun kebutuhan uang tunai masyarakat selama periode Lebaran mencapai Rp 167 triliun.

Deputi Gubernur BI Sugeng menjelaskan, persediaan uang tunai BI untuk keperluan Lebaran mencapai Rp 239 triliun. Dari jumlah tersebut, sekitar Rp 86 triliun merupakan uang baru.

"Juni nanti kita ada sekitar Rp 30 triliun tambahan," kata Sugeng di kantornya di Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Sugeng menuturkan, bank sentral memiliki program kas titipan. Tujuan kas titipan ini adalah agar pendistrjbusian uang rupiah dapat dilakukan dengan cepat ke seluruh daerah di Tanah Air.

"Juga ada program untuk daerah-daerah perbatasan dipasok dengan uang yang cukup. Pak Jokowi sudah buka perbatasan, itu bagus sekali. Kita isi dengan ketersediaan uang rupiah yang bagus juga," ungkap Sugeng.

Sugeng menyatakan, bank sentral memastikan bahwa uang rupiah akan beredar hingga ke perbatasan dalam kondisi yang bagus juga.

Adapun secara keseluruhan, bank sentral mencatat adanya kenaikan permintaan uang tunai pada periode Lebaran mencapai 14 persen.

(Baca: Banyak ATM Tak Gunakan Uang NKRI Baru, Ini Kata Gubernur BI )

Kompas TV Para pedagang di Demak, Jawa Tengah, resah karena maraknya uang palsu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com