Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Lebaran, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 23,5 Triliun

Kompas.com - 30/05/2017, 20:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan uang tunai sebesar Rp 23,5 triliun untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai masyarakat pada bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Angka tersebut setara Rp 1,1 triliun per hari. Rencananya, uang tunai tersebut 85 persennya akan disalurkan melalui mesin ATM. Adapun 15 persen sisanya akan disalurkan melalui kantor cabang.

Direktur Retail Banking Bank Mandiri Tardi menjelaskan, persiapan uang tunai pada tahun ini meningkat 10 persen dari nilai uang yang disiapkan pada periode normal.

"Antisipasi ini kamni siapkan mengingat perkiraan tingginya kebutuhan uang tunai pada dua pekan sebelum dan sesudah Idul Fitri, terutama saat liburan dan cuti bersama," kata Tardi di Plaza Mandiri, Selasa (30/5/2017).

Tardi menuturkan, khusus untuk mesin ATM, Bank Mandiri juga akan meningkatkan pasokan uang tunai menjadi Rp 1 triliun per hari dari sebelumnya Rp 900 miliar per hari. Ini akan berlaku mulai 12 Juni 2017 hingga 23 Juni 2017.

Menurut dia, ini dilakukan mengingat masa liburan Lebaran yang akan berlangsung pada 26 hingga 30 Juni 2017.

"Dari nilai itu, sebesar 40 persen dari jumlah dana akan didistribusikan di wilayah Jabodetabek. 60 persen lainnya akan disalurkan ke kota-kota besar di Indonesia di luar Jabodetabek, seperti Medan, Semarang, Surabaya dan Bandung," ungkap Tardi.

Tidak hanya itu, untuk membantu masyarakat melakukan penukaran uang pecahan kecil, Bank Mandiri juga menyiapkan satu unit mobil layanan gerak Mandiri Mobil di kawasan Monas, Jakarta. Layanan ini disediakan pada 5 hingga 16 Juni 2017.

(Baca: BI: Persediaan Uang Tunai Cukup untuk Penuhi Kebutuhan Lebaran)

Kompas TV Bank Sentral Eropa Terbitkan Uang Pecahan Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com