Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Akan Dilakukan Wimboh Santoso Jika Jadi Ketua OJK

Kompas.com - 05/06/2017, 15:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wimboh Santoso menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di hadapan Komisi XI DPR RI. Wimboh dicalonkan sebagai Ketua Dewan Komisioner OJK.

Dalam paparannya di hadapan anggota dewan, Wimboh menjelaskan beberapa hal yang akan dilakukannya apabila terpilih sebagai Ketua Dewan Komisioner OJK.

Pertama, ia akan memastikan stabilitas sistem keuangan dan efektivitas pengawasan. "Bagaimana kita dalam melakukan kebijakan dan pengawasan harus sinergi dengan lembaga dan instansi pemerintah lainnya," kata Wimboh di Gedung DPR/MPR, Senin (5/6/2017).

Selain itu, ia akan melakukan deteksi dini, berbagai monitoring, dan riset terkait sektor keuangan. Dengan demikian, OJK tak hanya mengedepankan stabilitas tapi juga sinergi mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pun akan dilakukan penguatan kebijakan. Wimboh menyatakan, akan dipilih kebijakan prioritas seperti di kantong-kantong perekonomian yang masih lambat dan kemiskinan yang cukup tinggi.

"Pendalaman pasar modal penting, instrumen diperbanyak seperti commercial paper jadi alternatif investasi," ujar Wimboh.

Ia juga menekankan perlunya transformasi OJK antara lain dengan peningkatan kapasitas SDM, pemanfaatan teknologi informasi, dan sinergi antar lembaga.

"Dengan berbagai program tadi kami berharap terjadi optimalisasi peran OJK dalam mendorong pembangunan," tutur Wimboh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com