Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pilihan Penerbangan Umrah Usai Qatar Airways Tutup Jalur ke Saudi

Kompas.com - 06/06/2017, 06:45 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan manajemen Qatar Airways menghentikan semua penerbangan ke Arab Saudi akibat krisis diplomatik bisa berdampak kepada jamaah umrah Indonesia.

Namun bagi Anda yang sudah memiliki rencana umrah tak perlu khawatir lantaran melimpahnya opsi penerbangan umrah selain Qatar Airways. Mau penerbangan langsung (direct flight) atau transit pun ada.

"Pilihan (terbang ke Arab Saudi) masih banyak," ujar Pengamat penerbangan Gerry Soejatman kepada Kompas.com, Jakarta, Senin (5/6/2017) malam.

Garuda Indonesia misalnya, sudah memiliki rute penerbangan langsung (tanpa transit) dari beberapa kota di Indonesia ke Jeddah atau Madinah.

Ada juga opsi lain seperti Lion Air dan Citilink yang sudah membuka penerbangan ke Jeddah. Sementara untuk maskapai asing tutur Gerry, pilihan sangat banyak.

Misal, ada Saudi Airlines dengan penerbangan langsungnya atau maskapai lain yang harus transit mulai dari Emirates via Dubai, Etihad via Abu Dhabi, Malaysia Airlines via Kuala Lumpur.

"Bahkan, Turkish Airlines via Istanbul yang muter jauh saja juga lumayan laku," kata Gerry.

Ia sendiri menilai keputusan manajemen Qatar Airways menghentikan semua penerbangan ke Arab Saudi akan berimbas kepada jamaah umrah, biro perjalanan umrah, hingga tenaga kerja Indonesia (TKI).

Sebab penerbangan Qatar Airways menjadi salah satu favorit jamaah umrah dan tenaga kerja Indonesia (TKI) menuju Arab Saudi.

(Baca: Penerbangan Saudi-Qatar Tutup, Jamaah Umroh Hingga TKI Kena Getahnya)

Sebelumnya, manajemen Qatar Airways, menghentikan semua penerbangan ke Arab Saudi menyusul krisis diplomatik di kawasan Teluk.

Langkah ini diambil beberapa jam setelah Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar yang dituduh mendukung ekstremisme.

(Baca: Qatar Airways Batalkan Semua Penerbangan ke Arab Saudi)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com