Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Dunia Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Global Naik Jadi 2,7 Persen

Kompas.com - 06/06/2017, 13:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global akan meningkat menjadi 2,7 persen pada tahun 2017. Peningkatan ini didorong oleh peningkatan pada sektor manufaktur dan perdagangan.

Di samping itu, peningkatan proyeksi pertumbuhan ekonomi global juga didukung oleh meningkatnya kepercayaan pasar.

Stabilnya harga komoditas juga mendorong pertumbuhan berlanjut di pasar ekspor komoditas dan mengembangkan perekonomian.

"Pertumbuhan ekonomi negara-negara maju diperkirakan akan meningkat sebesar 1,9 persen pada 2017, yang juga akan menguntungkan mitra dagang negara-negara tersebut," tulis Bank Dunia dalam keterangan pers laporannya yang bertajuk Global Economic Prospect edisi Juni 2017, Senin (5/6/2017).

Sementara itu, kondisi pembiayaan global diperkirakan tetap baik dan harga komoditas pun stabil. Dengan kondisi tersebut, maka pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang diproyeksikan naik dari 3,5 persen pada tahun 2016 menjadi 4,1 persen pada tahun 2017.

Pertumbuhan di pasar tujuh negara berkembang terbesar di dunia diproyeksikan akan meningkat dan melampaui rata-rata jangka panjangnya pada tahun 2018.

Aktivitas pemulihan di ekonomi negara-negara tersebut diperkirakan akan membawa dampak positif yang signifikan bagi pertumbuhan di negara berkembang lainnya juga di seluruh dunia. Namun, masih banyak risiko bagi proyeksi tersebut.

Bank Dunia menyatakan, pembatasan perdagangan baru bisa menggagalkan pulihnya perdagangan global.

"Ketidakpastian kebijakan yang terus-menerus bisa menghambat kepercayaan dan investasi," tulis Bank Dunia.

Selain itu, di tengah gejolak pasar keuangan yang sangat rendah, penilaian mendadak oleh pasar terhadap risiko terkait kebijakan atau laju normalisasi kebijakan moneter negara-negara maju bisa memicu gejolak keuangan.

Dalam jangka panjang, produktivitas dan pertumbuhan investasi yang terus-menerus lemah dapat mengikis prospek pertumbuhan jangka panjang di pasar yang sedang tumbuh juga di negara berkembang yang menjadi kunci pengentasan kemiskinan.

"Sudah terlalu lama kami telah melihat pertumbuhan yang rendah menghambat kemajuan dalam pengentasan kemiskinan, jadi sangat menggembirakan melihat tanda-tanda bahwa ekonomi global semakin menguat," ujar Presiden Kelompok Bank Dunia Jim Yong Kim.

Kim menuturkan, pemulihan yang sedang berlangsung termasuk rapuh tapi nyata. Negara-negara, imbuh dia, harus memanfaatkan kondisi ini untuk melakukan reformasi kelembagaan dan pasar yang bisa menarik investasi swasta untuk membantu mempertahankan pertumbuhan jangka panjang.

"Negara-negara juga harus melakukan investasi pada sumber daya manusia dan membangun ketahanan terhadap tantangan yang tumpang tindih, termasuk perubahan iklim, konflik, pemindahan paksa, kelaparan, dan penyakit," jelas Kim.

(Baca: Bank Dunia: Di 2016, Pertumbuhan Ekonomi Global Mengecewakan)

Kompas TV Laju Ekonomi 2017 di Kuartal I Tumbuh 4,9 Persen

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com