Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Kredibilitas OJK, Ahmad Hidayat Akan Bangun Sistem Pengawasan Berlapis

Kompas.com - 07/06/2017, 20:39 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Ketua Dewan Audit Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ahmad Hidayat, tak ingin kesalahan pengawasan internal terjadi berulang-ulang di OJK.

Bila terpilih sebagai komisioner OJK, salah satu program yang akan ia terapkan adalah penguatan kontrol internal. Hal itu dilakukan untuk menjaga integritas OJK.

"Harus ada internal kontrol, harus berlapis. Tidak bisa satu orang mengambil keputusan tanpa supervisi, dengan demikian akan berlapis kontrolnya," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Selain itu ia juga akan melihat standar operasional prosedur terkait persinggungan pegawai OJK dengan industri keuangan baik bank maupun non bank.

Hal itu penting dilakukan untuk menghidari kolusi. Ahmad akan menerapkan standar tinggi. Ia memastikan tidak akan sembarangan menempatkan pengawas.

Bahkan ia berencana menempatkan pengawas senior di Dewan Audit Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Meski akan melakukan pengawasan ketat, Ahmad mengatakan ada hal penting lainnya yang tidak boleh dilupakan.

Pegawai OJK tutur ia, harus percaya audit adalah instrumen yang bermanfaat bagi mereka dan OJK sebahai lembaga yang kredibel.

"Tanpa ada itu semua orang akan menjauhi audit. Kalau ada itu (kepercayaan), orang akan tahu ini tujuannya baik," kata Ahmad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com