Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perampokan di Daan Mogot, YLKI Ingatkan Pentingnya Transaksi Non-Tunai

Kompas.com - 10/06/2017, 04:06 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengingatkan pentingnya transaksi non-tunai atau penerapan cashless society dalam kegiatan sehari-hari.

Hal ini sekaligus menanggapi peristiwa perampokan yang menyebabkan tewasnya seorang warga bernama Davidson Tantono, di Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (9/6/2017).

Davidson tewas dengan tembakan di kepala setelah mengambil uang sebesar Rp 350 juta tunai dari bank. Selain menembak Davidson, perampok juga mengambil uang milik bos koperasi tersebut.

"Idealnya dihindari pengambilan cash dalam jumlah banyak," kata Tulus dalam keterangan resminya, Jumat malam.

Adapun Davidson mengambil uang tunai untuk pembayaran gaji para pegawainya. Tulus mempertanyakan pembayaran gaji yang masih dilakukan secara tunai. Seharusnya, transaksi tersebut dapat dilakukan dengan transfer bank. Langkah itu lebih aman dan praktis bagi masyarakat.

"Yang paling ideal adalah mewujudkan cashless society. Termasuk soal gaji, jika dalam jumlah besar harus dilakukan payroll ke masing-masing rekening pegawai," kata Tulus.

Dengan demikian, manajemen perusahaan tak perlu mengambil uang dalam jumlah besar. Di sisi lain, dia menganggap wacana pembatasan tarik tunai oleh bank akan sulit terealisasi.

"Kalau pembatasan pengambilan tunai sepertinya agak susah diimplementasikan," kata Tulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com