Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

April 2017, Penjualan Eceran Stabil

Kompas.com - 10/06/2017, 21:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) dalam Survei Penjualan Eceran (SPE), melaporkan penjualan eceran tumbuh stabil pada April 2017.

Indeks Penjualan Riil (IPR) hasil Survei Penjualan Eceran pada April 2017 tercatat 206,5 atau tumbuh stabil 4,2 persen secara tahunan (yoy) dibandingkan hasil survei Maret 2017.

Pertumbuhan penjualan eceran didorong oleh kelompok makanan yang meningkat 8,4 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 7,1 persen (yoy).

Di sisi lain, penjualan kelompok nonmakanan mengalami penurunan sebesar 1,7 persen (yoy), setelah pada bulan sebelumnya tumbuh 0,3 persen (yoy).

"Secara regional, penjualan eceran di sebagian besar kota yang disurvei menunjukkan peningkatan, dengan kenaikan tertinggi tercatat di Banjarmasin. Namun, penjualan eceran di Jakarta tercatat sedikit melambat," kata BI dalam pernyataan resmi, Sabtu (10/6/2017).

Penjualan eceran diperkirakan meningkat pada Mei 2017. Hal ini terindikasi dari IPR Mei 2017 yang tumbuh 4,5 persen (yoy).

"Peningkatan penjualan eceran tersebut diperkirakan masih didorong kelompok makanan yang tumbuh 9,5 persen (yoy)," ujar bank sentral.

Survei juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga di tingkat pedagang eceran diperkirakan menurun pada Juli 2017.

Indikasi tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) tiga bulan yang akan datang sebesar 146,7, lebih rendah dari 149,7 pada bulan sebelumnya.

Tekanan kenaikan harga pada Oktober 2017 juga diperkirakan turun dengan nilai IEH 6 bulan mendatang sebesar 130,0, lebih rendah dari 130,3 pada bulan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com