Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Bergerak Liar di Pembukaan Saham Awal Pekan

Kompas.com - 12/06/2017, 09:29 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka dengan pergerakan liar pada awal perdagangan saham awal pekan, Senin (12/6/2017) pukul 09.00 WIB.

IHSG dibuka menguat di level 5.668,72 di zona merah, sekaligus level terendah. Tak berapa lama kemudian, IHSG naik di level tertinggi di 5.680,80 di zona hijau.

Pada pukul 09.07 WIB, IHSG berada di level 5.678,99 atau naik 3,46 poin atau naik 0,06 persen.

Sebanyak tujuh sektor dibuka menguat, sementara tiga sektor lain dibuka melemah. Penguatan sektor dipimpin oleh sektor aneka industri yang dibuka naik 0,99 persen.

Awal pekan ini, perdagangan saham belum bergairah sembari menunggu kepastian perekonomian global. Sebanyak 89 saham dibuka menguat, 51 saham dibuka turun dan 100 saham dibuka pada posisi tetap.

Aksi jual bersih investor asing di semua papan perdagangan sebesar Rp 4,18 miliar. Demikian juga aksi jual bersin investor asing di pasar reguler mencapai Rp 4,18 miliar.

Dari pasar spot Bloomberg, rupiah terpantau menguat 2 poin ke level 13.289 per dollar AS pada pukul 9.27 WIB.

Sebelumnya, Lanjar Nafi, analis Reliance Sekuritas Indonesia, menilai pada awal pekan ini, sinyal berbalik arah atau rebound belum cukup kuat. Sehingga IHSG diperkirakan bergerak di kisaran 5.640-5.760.

"Saham-saham yang mulai dapat dicermati diantaranya AKRA, LPKR, SMRA, WIKA, WSKT, JSMR," tulis Lanjar dalam keterangannya kepada Kompas.com.

Lanjar mengatakan, sentimen selanjutnya di pekan ini yakni penjualan kendaraan, aktivitas ekspor impor, posisi neraca perdagangan dan tingkat suku bunga di Indonesia.

"Sedangkan dari pandangan global, investor akan memperhatikan data penjualan ritel China, tingkat inflasi, penjualan ritel dan Keputusan FOMC dalam kebijakan moneter di AS," ujarnya.

(Baca: Awali Pekan Ini, IHSG Diperkirakan Berupaya "Rebound")

Kompas TV IHSG Berpeluang ke Titik 6.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com