Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeda Siang, IHSG Melaju di Jalur Hijau

Kompas.com - 12/06/2017, 12:38 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada jeda siang perdagangan saham awal pekan, Senin (12/6/2017) pukul 12.00 WIB.

IHSG ditutup menguat 32,08 poin atau naik 0,56 persen ke level 5.707,60. Sebelumnya, IHSG dibuka turun di zona merah di level 5.668,72.

Sektor perdagangan menguat signifikan dan jadi pendorong kenaikan IHSG. Sektor perdagangan naik 1,19 persen.

(Baca: Ekonomi Global Sepekan: Reformasi Perancis, "Brexit" dan Langkah Fed)

Dari 10 indeks sektoral pendukung bursa, sebanyak sembilan sektor ditutup menguat. Hanya sektor pertambangan saja yang ditutup melemah sebesar 0,39 persen.

Dari data RTI, sebanyak 160 saham ditutup menguat, 135 saham ditutup turun dan 107 saham ditutup pada posisi tetap.

Aksi beli bersih investor asing di semua papan perdagangan tercatat Rp 685,77 miliar, namun aksi jual bersih investor asing mencapai Rp 38,78 miliar.

Dari pasar spot Bloomberg, rupiah terpantau melemah 2 poin ke level 13.293 per dollar AS pada pukul 12.20 WIB.

Sebelumnya, Lanjar Nafi, analis Reliance Sekuritas Indonesia, menilai pada awal pekan ini, sinyal berbalik arah atau rebound belum cukup kuat. Sehingga IHSG diperkirakan bergerak di kisaran 5.640-5.760.

"Saham-saham yang mulai dapat dicermati diantaranya AKRA, LPKR, SMRA, WIKA, WSKT, JSMR," tulis Lanjar dalam keterangannya kepada Kompas.com.

Lanjar mengatakan, sentimen selanjutnya di pekan ini yakni penjualan kendaraan, aktivitas ekspor impor, posisi neraca perdagangan dan tingkat suku bunga di Indonesia.

"Sedangkan dari pandangan global, investor akan memperhatikan data penjualan ritel China, tingkat inflasi, penjualan ritel dan Keputusan FOMC dalam kebijakan moneter di AS," ujarnya.

(Baca:  IHSG Bergerak Liar di Pembukaan Saham Awal Pekan)

Kompas TV IHSG Terpengaruh Kondisi Politik Eksternal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com