Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Diperkirakan Menguat Terbatas di Selasa

Kompas.com - 13/06/2017, 08:28 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat terbatas pada perdagangan saham Selasa (13/6/2017) ini. MNC Sekuritas juga mengestimasi, perdagangan saham di Selasa ini cenderung sepi, seperti di Senin.

Edwin Sebayang, analis MNC Sekuritas, memilih sejumlah saham dengan rekomendasi "buy". Yakni TPIA, ADHI, ASII, BBCA, BBNI, BBRI, CTRA, GGRM, ICBP, INTP, SMGR, ISAT, JPFA, JSMR, PGAS, PTPP, SMRA, TOTL, dan UNTR.

"Kombinasi turunnya indeks Dow Jones (-0,52 persen), Emas (-0,13 persen) dan nikel (-2,06 persen) di tengah penguatan EIDO (+0,64 persen), Tin (+1,33 persen) dan minyak (+0,55 persen) menjadi faktor penggerak IHSG," ujar dia melalui keterangannya ke Kompas.com.

Menurut Edwin, Kembali jatuhnya saham berkapitalisasi besar Apple Inc dan aksi menunggu pengumuman the Fed atas FFR menjadi faktor turunnya indeks Dow Jones sebesar -36,03 poin (-0,17 persen) di Senin waktu setempat (atau Selasa waktu Indonesia).

IHSG di Senin diwarnai aksi "technical rebound" disertai "net buy" asing sebesar Rp 617,7 miliar. Sehingga "Net Buy" asing secara year to date menjadi Rp 20,06 triliun. Dua hal itu mendorong penguatan IHSG di Senin, sebesar +0,3 persen, di tengah perdagangan Senin yang sepi dan lambat.

"Pada hari ini, IHSG diperkirakan bergerak di kisaran 5.660-5.729. Sementara rupiah diperkirakan bergerak di kisaran 13.270-13.340 per dollar AS," lanjut Edwin.

(Baca: Awali Pekan Ini, IHSG Diperkirakan Berupaya "Rebound")

Kompas TV BNI Sekuritas: IHSG Akhir Tahun Bisa Tembus 6.071

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com