Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JNE Akan Carter Pesawat untuk Antispasi Lonjakan Pengiriman Barang

Kompas.com - 14/06/2017, 07:00 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) perusahaan jasa ekspedisi akan menyewa pesawat kargo untuk mengangkut barang-barang yang dikirimkan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya lonjakan pengiriman barang saat bulan Ramadhan. 

Presiden Direktur JNE, Mohamad Feriadi mengatakan, pada Ramadhan maskapai komersial lebih memilih mengangkut bagasi penumpang. Sehingga, sewa pesawat menjadi solusi perusahaan untuk antarkan barang pelanggan. 

"Kebanyakan kami menggunakan commercial flight, pada saat komersil overload, maka tidak menutup kemungkinan kami akan carter pesawat, untuk membawa kiriman kami," ujar Feriadi di Jakarta, Selasa (13/6/2017). 

Feriadi menuturkan, perkiraan lonjakan arus pengirman barang pada H-7. Menurut dia, pada hari Lebaran perusaan tetap melayani pengiriman barang dari masyarakat. 

"Operasional kami jalan terus. Lebaran pun terus jalan. Kami juga puncaknya berdasarkan pengalaman biasanya di H-7. Dan mulai slowing down pada H-3 dan mulai meningkat lagi H+4," jelas dia. 

Dalam hal ini, tambah Feriadi, perusahaan juga menambah 15.000 sumber daya manusia (SDM) untuk melayani pengiriman pada bulan Ramadhan. Selain itu, perusahaan juga menambah 1.500 unit kendaraan untuk dioperasionakan pada bulan Ramadhan. 

"Jadi kami ada 55.000 karyawan dan 8.500 armada untuk layani pengiriman pada bulan Ramadhan. Sehingga JNE siap memenuhi pelanggan, terutama kebutuhan pengiriman paket," pungkas dia. 

Sebelumnya, JNE menargetkan dapat melayani pengiriman 20 juta barang pada bulan Ramadhan dan Lebaran 2017. Jumlah ini naik 40 persen dari rata-rata pengiriman barang per bulan sebannyak 16 juta barang.

(Baca: "E-commerce" Dongkrak Pengiriman Barang JNE selama Momen Lebaran 2017)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com