Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Pelni Diminta Pastikan Keamanan Kapal untuk Arus Mudik

Kompas.com - 17/06/2017, 17:46 WIB
Moh. Nadlir

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan kepada PT Pelni untuk memastikan keamanan kapal yang digunakan mengangkut penumpang mudik.

Hal itu diutarakan Budi Karya saat melakukan pengecekan kesiapan kapal Pelni KM. Labobar rute Balikpapan-Surabaya yang bersandar di pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (17/6/2017).

"Orang mudik pasti banyak. Yang harus dipikirkan adalah keselamatan, safety dulu. Kapal ini save atau tidak. Pelni dan syahbandar harus memastikan kapal ini aman dulu," kata Budi Karya.

Usai itu, kata Budi, baru layanan atau fasilitas penunjang untuk pengguna kapal diperhatikan dan dipenuhi. "Barulah nanti urusan soal urusan tempat duduk dan segala macam. Over all semua improvement harus meningkatkan lagi," kata dia.

Budi Karya juga meminta, agar pihak Pelindo menyiapkan tenda atau tempat tambahan bagi masyarakat yang akan mudik dan ingin bermalam di pelabuhan, sebelum kapalnya berlabuh.

"Saya minta Pelindo IV apakah itu tenda, apakah di GOR itu bsa dilakukan. Karena beberapa penumpang kan ada yang menginap lebih dari satu malam, itu yang harus kita perhatikan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com