Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Muamalat Kucurkan Kredit "Supply Chain" untuk HK Realtindo

Kompas.com - 18/06/2017, 11:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjalin kerja sama dengan anak usaha PT Hutama Karya (Persero), PT HK Realtindo.

Kerja sama ini terkait pemberian kredit supply chain atau supply chain financing sebesar Rp 125 miliar. Kerja sama ini merupakan upaya Bank Muamalat meningkatkan pembiayaan korporasi.

"Melalui kerja sama dengan HK Realtindo ini, kami bisa melakukan diversifikasi risiko pembiayaan kepada para selected supplier yang telah direkomendasikan oleh anchor,” kata Indra Y Sugiarto, Direktur Korporasi Bank Muamalat dalam keterangan resmi, Jumat (16/6/2017).

Bank Muamalat akan memberikan pembiayaan kepada para mitra usaha atau pemasok yang terkait dalam proyek dan telah direkomendasikan oleh HK Realtindo yang bertindak sebagai anchor.

Bagi para mitra usaha atau pemasok HK Realtindo, kerja sama ini akan membantu arus kas dengan mempercepat penerimaan pembayaran atas tagihan pekerjaan proyek milik HK Realtindo.

Bank Muamalat akan memberikan talangan kepada supplier dengan akad qardh atas tagihan tersebut.

Indra menjelaskan, melalui kerjasama ini, Bank Muamalat mendapatkan informasi menyeluruh dari supplier dan anchor sehingga risiko informasi asimetris dalam pemberian fasilitas pembiayaan bisa terminimalisir.

Kerja sama ini juga membantu mempercepat proses akuisisi nasabah, baik korporasi maupun komersial yang otomatis meningkatkan portfolio Bank Muamalat.

“Dengan demikian kami bisa meminimalisir resiko double financing terhadap underlying dokumen yang sama. Dengan adanya kerja sama ini, Bank Muamalat mendapatkan kepastian dari Anchor,” jelas Indra.

Fajar, Direktur Keuangan HK Realtindo mengatakan, kerja sama ini membantu kelancaran arus kas perseroan. Ini sekaligus merupakan upaya bagi HK Realtindo untuk meningkatkan loyalitas pemasok.

“Kerja sama ini sangat baik bagi kami, karena dengan cara ini kami juga bisa memelihara hubungan yang baik dengan partner-partner bisnis kami, para supplier,” tutur Fajar.

(Baca: Bank Muamalat Targetkan Pembiayaan Tumbuh 10 Persen pada 2017)

Kompas TV Minat Pakai Kartu Kredit Naik Jelang Ramadhan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com