Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Minta Ada Evaluasi "Lashing" Truk di Kapal Penyeberangan

Kompas.com - 18/06/2017, 11:42 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Sabtu (17/6/2017) malam, mengunjungi Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. 

Kunjungannya kali ini, untuk meninjau kesiapan sarana seperti kapal dan prasarana untuk arus penyeberangan mudik dari Pelabuhan Penyebarangan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali. 

Usai meninjau, Menhub Budi Karya menyimpulkan, masih lemahnya pengikatan atau lashing kendaraan khususnya truk di dalam kapal. Sehingga, kata dia, perlu digunakan cara lain untuk dalam mengikat kendaraan di dalam kapal. 

Dalam hal ini, terdapat 50 kapal yang akan dioperasikan dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk. 

"Prasarana saya nilai baik, parkirnya bersih. Saranan menjadi perhatian kami karena beberapa waktu lalu ada truk guling dalam kapal. Kalau saya lihat tadi harus ada evaluasi terhadap lashing truk dalam kapal. Karena tidak tahu kondisi tertentu kondisinya bagaimana," ujar Budi Karya usai meninjau Kapal Motor Penyeberangan Dewana Dharma, Sabtu (17/6/2017).  

Menurut Budi Karya, idealnya pengikatan kendaraan di dalam kapal harus dilakukan dengan empat tali pengamanan yakni, dua tali pengaman di depan, dua tali sisanya dilakukan di belakang.

"Idealnya kan ada empat pengamanan, tetapi dua tali pengaman juga oke. Asalkan dua itu center, di tengah, jadi nantinya bisa kuat," jelas dia. 

Budi Karya menambahkan, hal ini dilakukan semata-semata hanya untuk meningkatkan keselamatan penumpang saat bermudik.

"Yang akan datang, saya sudah bicara dengan stakeholder, kami diskusi apakah ada skema yang baik. Akan tetapi overall yang dilakukan dalam mudik ini safety first. Saya ingin safety didahulukan," imbuh dia. 

Adapun, jumlah penumpang di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang pada mudik Lebaran 2017 diperkirakan sebanyak 56.612 orang, pada kendaraan roda dua diprediksi 10.703 unit, dan jumlah kendaraan roda empat pada tahun 2017 diperkirakan 6.008 unit.

Sementara di Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk, jumlah penumpang  tahun 2017 diperkirakan 81.022 orang, kemudian kendaraan roda dua 2017 diprediksi 21.330 unit dan terakhir jumlah kendaraan roda empat diperkirakan 7.641 unit.

(Baca: Menhub: Bus Tak Laik Jalan Tak Boleh Angkut Pemudik)

Kompas TV Belum Ada Antrean Pemudik di Tol Cikarang Utama

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com