Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Bill Gates Sebagai Orang Terkaya di Dunia Bakal Tergeser?

Kompas.com - 20/06/2017, 05:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Posisi pendiri Microsoft Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia tampaknya bisa terancam. Pasalnya, kekayaan pendiri raksasa internet Amazon Jeff Bezos terbukti bertambah.

Mengutip BBC, Selasa (20/6/2017), beberapa hari yang lalu Amazon membeli jaringan ritel Whole Foods. Aksi korporasi ini membuat kekayaan Bezos bertambah cukup signifikan, yakni 1,8 miliar dollar AS. Dengan demikian, kekayaan Bezos saat ini mencapai 84,6 miliar dollar AS.

Angka tersebut lebih rendah 5 miliar dollar AS dibandingkan kekayaan Gates, yang merupakan orang terkaya nomor satu dunia. Bezos yang saat ini berusia 53 tahun memang tengah fokus untuk mengembangkan Amazon secara agresif.

Sementara itu, Gates, 61 tahun, menyumbangkan hartanya untuk kegiatan amal dan sosial. Gates bersama investor kawakan dan orang terkaya keempat di dunia Warren Buffett mendirikan Giving Pledge pada tahun 2010 silam.

Gerakan ini meminta para miliarder untuk berkomitmen menyumbangkan setidaknya separuh dari kekayaannya. Sudah lebih dari 150 orang miliarder bergabung dengan gerakan tersebut.

Akan tetapi, Bezos tidak termasuk di dalamnya. Gates mundur dari jabatan CEO Microsoft pada tahun 2000. Setelah resmi tak aktif dalam jajaran pimpinan Microsoft, Gates bekerja penuh selama beberapa tahun terakhir pada kegiatan filantropi bersama sang istri, Melinda.

Namun demikian, Gates masih memiliki lebih dari 2 persen saham Microsoft. Sehingga, kekayaannya tetap bertambah juga. Dalam kasus Bezos, tampaknya ia belum berkeinginan mundur dari kancah bisnis.

Bezos, yang merupakan CEO Amazon, dikenal dengan komitmennya dalam memperlakukan Amazon masih seperti perusahaan rintisan alias startup

(Baca: Rahasia Sukses Bill Gates, Steve Jobs, Richard Branson dan Mark Zuckerberg)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com