Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Kualitas, Petani Kopi Bondowoso Dapat Bantuan Rp 1 Miliar

Kompas.com - 20/06/2017, 06:10 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

BONDOWOSO, KOMPAS.com - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) akan menggelontorkan bantuan sejumlah peralatan bernilai lebih dari Rp 1 miliar, bagi Petani Kopi di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

"Alhamdulillah, tim dari Kemendes PDTT sudah turun melihat langsung ke lokasi penghasil kopi di Bondowoso, dan bertemu langsung petani. Mereka berkomitmen akan menggelontorkan bantuan berupa peralatan senilai Rp 1 miliar lebih bagi para petani kopi," ungkap Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso, Ahmad Dhafir, Senin (19/6/2017).

Menurut Dhafir, Kopi Arabica Bondowoso merupakan salah satu kopi terbaik yang ada di Indonesia. Apalagi, kopi jenis itu sudah diekspor ke mancanegara.

"Seperi ke Eropa, Amerika, Belanda dan Australia," katanya.

Bantuan yang akan digelontorkan berupa alat pengolah biji kopi menjadi bubuk, kemudian lantai penjemuran, dan gudang penyimpanan.

Sementara itu Ketua Koperasi Petani Kopi Arabica Bondowoso, Suyitno, menyambut baik bantuan dari Kementerian Pedesaan dan PDTT itu.

"Alhamdulillah, ini bentuk perhatian besar pemerintah kepada kami sebagai petani kopi," katanya.

Kopi Arabica Bondowoso menjadi satu-satunya kopi yang telah memiliki indikasi geografis (IG) dari Kementerian Hukum dan HAM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com