Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Diperkirakan Bergerak Menguat, Ini Saham-saham yang Bisa Dipilih

Kompas.com - 20/06/2017, 08:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi akan melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini, Selasa (20/6/2017) di tengah tipisnya transaksi  dan sepinya sentimen pasar.

Mengutip Kontan, Selasa, delapan dari 10 analis pada survei KONTAN memperkirakan, IHSG berpeluang melanjutkan penguatan hari kemarin.

Median support IHSG hari ini berada di angka 5.693,5. Sedangkan median resistance ada di level 5.771,5.

William Surya Wijaya, analis Indosurya Mandiri Sekuritas mengatakan, IHSG masih berada dalam rentang konsolidasi wajar di tengah pekan yang akan berlangsung pendek. "Pola pergerakan masih menunjukkan potensi kenaikan yang begitu besar," kata dia.

Menurut William, beberapa saham yang perlu diperhatikan untuk hari ini adalah HMSP, ROTI, LSIP, UNVR, TLKM, KLBF, SSMS, PGAS, dan ADHI.

Muhammad Nafan Aji Gusta, analis Binaartha Parama Sekuritas mengatakan, beberapa saham masih layak untuk akumulasi beli seperti INDF, SSMS, RALS, dan PWON. Nafan pun memperkirakan IHSG masih berpeluang melaju pada perdagangan hari ini.

"Candle membentuk formasi bullish harami candlestick pattern yang mengindikasikan adanya potensi stimulus beli," kata dia.

IHSG menguat 18,27 poin atau 0,32 persen ke level 5.741,91 pada perdagangan Senin (19/6/2017). Bursa masih terhitung sepi dengan nilai transaksi Rp 5,19 triliun dan frekuensi 215.354 kali.

Perdagangan lebih ramai pada saham-saham lapis kedua dan ketiga. Ini terlihat dari volume yang mencapai 9,06 miliar saham. Lima saham dengan volume perdagangan tertinggi adalah MYRX, SRIL, BRMS, BUMI, dan RIMO.

Saham RIMO pun menjadi saham dengan pembelian bersih asing terbesar, yakni Rp 109,3 miliar. Transaksi terjadi di pasar negosiasi.

Pembelian bersih terbesar di pasar reguler adalah SMGR. Secara total, asing mencatat penjualan bersih Rp 51,2 miliar dengan penjualan bersih terbesar pada saham INDF, BBRI, dan ASII.

 

Berita ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul: IHSG merangkak, inilah saham pilihan hari ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KONTAN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com