Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai ATM Merah Putih, Biaya Transfer Antar Bank BUMN Cuma Rp 4.000

Kompas.com - 20/06/2017, 17:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Desember 2016 lalu, Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) meresmikan operasi ATM Link atau ATM Merah Putih.

Himbara beranggotakan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Per Juni 2017 jumlah ATM Link sudah mencapai sekitar 15.000 unit ATM. Hingga akhir tahun 2017, Himbara menargetkan jumlah ATM Link mencapai 30.000 unit. 

Ketua Himbara Maryono menjelaskan, sinergi bank-bank pelat merah dalam mengoperasikan ATM Link memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi perbankan karena dapat menghemat biaya transaksi.

"Biaya transfer antar bank BUMN juga lebih rendah dibandingkan biaya transfer antar bank pada umumnya yang sebesar Rp 6.500. Transfer antar bank BUMN di ATM Link hanya dikenakan biaya sebesar Rp 4.000," jelas Maryono dalam konferensi pers Himbara di Plaza Mandiri, Selasa (20/6/2017).

Adapun secara keseluruhan, jumlah mesin ATM yang dimiliki Himbara termasuk ATM Link mencapai 61.210 unit. Namun demikian, ada juga mesin-mesin ATM masing-masing bank BUMN yang belum diintegrasikan dalam ATM Link.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan, mesin-mesin ATM milik Bank Mandiri yang ada di area publik akan menjadi ATM Link.

Sementara itu, ATM yang ada di kantor cabang tetap menjadi ATM bank bersangkutan. "ATM Merah Putih ada kira-kira 40.000. 22.000 ATM ada di branch (kantor cabang)," ungkap Kartika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com