Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qatar Airways Raih Penghargaan Maskapai Terbaik Dunia

Kompas.com - 21/06/2017, 13:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

PARIS, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Qatar Airways meraih penghargaan maskapai terbaik "Airline of the Year." Penghargaan ini diberikan oleh kelompok pemeringkat transportasi udara internasional Skytrax pada ajang Paris Air Show.

Mengutip CNN Money, Rabu (21/6/2017), penghargaan ini diterima Qatar Airways di tengah-tengah panasnya situasi lantaran Qatar diisolasi oleh negara-negara tetangganya.

Sebagaimana diberitakan, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Bahrain memutus hubungan diplomatik dan menutup wilayah udara mereka untuk penerbangan dari dan ke Qatar. Akibatnya, 52 rute penerbangan harus dibatalkan. Selain itu, menurut CEO Qatar Airways Akbar Al Baker, waktu terbang pun menjadi lebih lama.

Qatar Airways telah menjadi pemain global dalam dunia penerbangan. Maskapai ini secara agresif membuka rute penerbangan panjang dan ultra panjang dengan jajaran armada pesawat baru. Tidak hanya itu, Qatar Airways juga tak segan memanjakan penumpang dengan lounge yang mewah dan kabin kelas bisnis yang tidak kalah mewah dan bercita rasa tinggi.

Saat ini, Qatar Airways melayani penerbangan di seluruh dunia dengan 174 pesawat. Jajaran armada Qatar Airways mencakup pesawat Boeing dan Airbus. Maskapai ini juga memiliki pesawat penumpang terbesar di dunia, yakni superjumbo A380.

Pesatnya pertumbuhan Qatar Airways berkontribusi besar pada perekonomian Eropa dan AS. Bagaimana tidak, maskapai ini adalah konsumen terbesar untuk pesawat Airbus A350 dan salah satu pembeli terbesar pesawat Boeing 787 Dreamliner.

Pada tahun 2016, penghargaan serupa diraih oleh Emirates. Sementara itu, Qatar Airways meraih penghargaan dalam kategori "Best Business Class." Penghargaan World Airline Awards Skytrax disebut sebagai Oscar-nya industri penerbangan. Penghargaan ini berdasarkan survei yang diisi oleh jutaan orang penumpang.

Beberapa penghargaan yang diberikan Skytrax antara lain:

World's Best First Class: Etihad Airways

World's Best Economy Class: Thai Airways

World's Best Low-Cost Airline: AirAsia

Best Business Class Airline Seat: Singapore Airlines

Best Economy Class Airline Seat: Japan Airlines

Best Airline in Asia: Singapore Airlines

Best Airline in Northern Europe: Finnair

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com