Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Korinus Impor Produk Samyang Halal, Tapi Belum Dapat Sertifikat MUI

Kompas.com - 21/06/2017, 21:29 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Korinus atau importir mie instan Samyang menegaskan bahwa Samyang dengan rasa Hot Chicken Ramen dan Cheese Hot Chicken Ramen merupakan produk halal karena sudah mengantongi label halal dari Korea Muslim Federation (KMF).

Saat ini, PT Korinus masih mengurus sertifikat halal kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kedua produk itu sudah beredar di masyarakat karena sudah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

(Baca: Akhirnya, BPOM Cabut Izin Edar Produk Samyang yang Mengandung Babi)

"Kami sudah mengantongi label halal dari Korea Muslim Federation (KMF)," kata Manajer Marketing PT Korinus Endra Nirwana kepada wartawan, di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (21/6/2017).

Label halal dari KMF pun telah tertera di kemasan mie instan Samyang tersebut. Hanya saja, produk yang diperjualbelikan di Indonesia tak boleh hanya mencantumkan label halal dari KMF. Pasalnya, Indonesia memiliki lembaga sertifikasi halal sendiri, yakni MUI.

"Hanya halal dari lembaga MUI yang boleh tertera di sini (kemasan produk yang dijual di Indonesia). Kami tidak boleh mencantumkan label halal dari Korea," kata Endra.

PT Korinus kemudian mengurus sertifikasi halal ke MUI sejak 10 bulan silam. Rencananya, pada 10 Juli 2017, MUI akan melakukan preaudit dengan mendatangi pabrik Samyang di Korea dan mengecek kandungan yang terdapat di dalam mie instan tersebut. Sedangkan sertifikasi halal dari Korea Muslim Federation keluar sejak tahun 2013.

"Setiap tahun ada pembaharuan. Sertifikat halal dari KMF yang sekarang, berlaku sampai 20 Desember 2018, nanti akan kami perbaharui lagi," kata Endra.

Sebelumnya, sebanyak empat jenis mie instan Samyang yang mengandung babi telah ditarik dari pasaran oleh BPOM. Yakni Samyang dengan nama produk U-Dong, Nongshim dengan nama produk Shin Ramyun Black, Samyang dengan nama produk Mi Instan Rasa Kimchi, dan Ottogi dengan nama produk Yeul Ramen.

Keempat jenis mie instan ini diimpor oleh PT Koin Bumi, yang juga merupakan importir mie instan Samyang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com