Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Lepas Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus

Kompas.com - 22/06/2017, 12:29 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas mudik gratis bagi sepeda motor dengan menggunakan bus di lapangan parkir Pantai Carnaval, Ancol Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Pelepasan mudik gratis ini ditandai dengan keberangkatan bus dengan tujuan Tegal, Jawa Tengah.

"Tahun ini harus lebih baik dari tahun lalu. Saya sangat berbahagia melihat lambaian senyum dan sorot mata yang memberikan rasa bahagia. Ini kebahagian yang diharapkan Bapak Presiden bahwa kita harus melakukan mudik bareng," ujar Menhub Budi Karya, saat ditemui di lapangan parkir Pantai Carnaval, Ancol Jakarta, Kamis (22/6/2017). 

Adapun Sebanyak 231 bus dengan total jumlah penumpang sebesar 10.395 orang diberangkatkan dalam mudik gratis tersebut dengan 29 kota tujuan yang diantaranya, Cirebon, Kuningan, Garut, Tegal, Purwokerto, Pekalongan, Pemalang, Demak, Kudus, Pati, Magelang, dan lain-lainya. 

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini menuturkan, dengan adanya mudik gratis ini juga untuk mengurangi penggunaan sepeda motor sebagai angkutan mudik.  Karena, dalam mudik gratis ini, sepeda motor para pemudik akan diangkut menggunakan truk, sedangkan pemudik diantarkan ke kampung halamannya menggunakan bus.  

"Lebih bagus naik bus. Kami prihatin yang telah terpaksa melakukan mudik dengan motor, tetapi itu bukan sarana aman. Mudik bareng solusi motor diangkut gratis mudiknya gratis," tutur dia. 

Menhub Budi Karya menambahkan, mudik gratis ini juga untuk mengedukasi para perusahaan otobus terkait bus-bus yang laik untuk mudik Lebaran 2017. 

"Kami mengedukasi bus-bus yang laik. Kita berikan amanah mengimbau agar perusahaan otobus menyediakan bus-bus yag laik. Sekarang sifatnya lebih persuasif, tahun depan lebih lugas," pungkas dia. 

Sekadar informasi,  mudik gratis bagi pemudik sepeda motor dengan menggunakan bus telah digelar sejak 18 Mei hingga 16 Juni 2017. Pendaftaran mudik gratis dengan dua cara yakni, online dan offline. 

(Baca: Menhub Budi Karya Lepas Tim Mudik Gesit Kompas Gramedia)

Kompas TV Berikut tips mudik aman dari Kompas TV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com