Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Atur Keuangan Saat Asisten Rumah Tangga Mudik

Kompas.com - 26/06/2017, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asisten rumah tangga pergi mudik kerap kali membuat Anda memikirkan banyak aspek, terutama yang berkaitan dengan rumah. Mulai dari pembagian tugas mencuci piring, mencuci pakaian, menyapu rumah, memasak, hingga menjaga anak.

Padatnya rutinitas sehari-hari ditambah pekerjaan rumah memang membuat kita pusing. Untuk itulah perlu diadakan pembagian kerja untuk setiap anggota keluarga.

Biasanya saat asisten rumah tangga pergi mudik, pengeluaran rumah tangga akan membengkak. Hal ini wajar karena keadaan berubah sesaat hingga asisten tersebut kembali bekerja lagi.

Penyakit “malas” adalah salah satu penyebab mengapa pengeluaran membengkak. Untuk menyikapi hal ini, kita perlu ekstra berhati-hati dalam mengelola keuangan.

Berikut adalah tips mengatur keuangan saat asisten rumah tangga pergi mudik.

1. Mencatat Agenda Asisten Rumah Tangga

Mudik biasanya dilakukan dalam waktu satu hingga dua minggu. Agar waktunya lebih pasti, coba tanyakan kepadanya kapan ia akan pergi mudik dan kapan ia akan kembali untuk bekerja lagi.

Dengan mengetahui hal ini, Anda akan semakin mudah untuk memprediksikan pengeluaran yang akan terjadi saat ditinggal pembantu.

Hindari untuk memberikan waktu mudik yang terlalu lama kepada pembantu. Hal ini akan menyebabkan ia keasyikan menikmati waktu mudiknya sehingga malas untuk kembali bekerja lagi.

Komunikasikan hal ini dengan baik dengannya. Jangan lupa juga untuk memperhitungkan berapa uang mudik yang akan diberikan kepadanya.

2. Atur Gaji dan Uang THR

Gaji ditambah Uang Tunjangan Hari Raya rasanya seperti apa ya? Pasti sangat menyenangkan sekaligus menggiurkan. Jika uang tersebut biasanya dihabiskan untuk liburan keluarga, tunda dulu keinginan tersebut saat asisten rumah tangga pergi mudik.

Fokuslah pada kebutuhan rumah tangga yang jauh lebih penting ketimbang liburan. Jika gaji dan THR masih tersisa ketika pembantu pulang dari mudik, alangkah baiknya jika mempertimbangkan liburan keluarga sekalian mengajak pembantu Anda.

3. Melakukan Perincian Pengeluaran Keuangan

Asisten rumah tangga pergi mudik memang membuat pengeluaran membengkak seketika. Apalagi ketika Anda dan anggota keluarga tidak memiliki waktu yang untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Jangankan untuk membersihkan rumah, untuk memasak saja kadang tidak sempat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com