Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2017, 18:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menentukan pilihan dalam berinvestasi merupakan pilihan yang sedikit membingungkan, selain banyaknya pilihan instrumen investasi di pasar investasi yang selalu memberikan angin segar akan keuntungannya membuat kita harus lebih hati-hati dalam memilih berinvestasi. Salah satu dari investasi yang ada adalah deposito.

Banyak dari kita yang sudah mendengar tentang Deposito, akan tetapi jarang dari kita yang tahu apa sebenarnya manfaat dari deposito.

Bagi investor pemula, Deposito adalah produk yang disarankan untuk dicoba. Selain keamanan yang dimiliki deposito, bunga yang diberikan juga kompetitif.

Tetapi tidak hanya itu keuntungan kenapa kita akan mengambil pilihan berinvestasi untuk deposito. Berikut Beberapa hal yang menguntungkan berinvetasi deposito.

1. Manfaat Suku Bunga

Seperti yang diketahui deposito dikenal dengan suku bunganya yang kompetitif dibandingkan dengan suku bunga pada produk tabungan. Suku bunga pada deposito jelas lebih tinggi.

Kalau pada produk tabungan, bunga yang akan didapat akan bermanfaat bagi kita untuk membayar biaya administrasi saja. Dengan kata lain bunga yang didapat hanya cukup untuk membayar biaya administrasi pada Bank. Itupun jumlah uang kita harus berjumlah banyak pastinya.

Sedangkan deposito bisa memberikan bunga tiga kali lipat dari bunga tabungan. Untuk produk Deposito berjangka saja dalam satu bulan deposito bisa memberikan bunga sebanyak 7,5 persen.

Bunga yang cukup besar untuk sebuah tabungan. Tak heran banyak orang yang menginginkan berinvestasi deposito Karena Bunganya yang cukup besar.

2. Risiko Deposito Sangat Rendah

Risiko deposito juga terbilang rendah, salah satu pilihan dan pertimbangan kita untuk berinvestasi adalah perhatikan dan pertimbangkan risikonya. Deposito adalah salah satu dari instrumen produk investasi yang mempunyai risiko paling rendah. Dibandingkan dengan valas dan pasar saham jelas deposito mempunyai risiko paling kecil. Risiko dimungkinkan apabila terjadi gejolak politik atau negara mengalami krisis yang sangat ekstrim.

Nilai deposito juga relatif stabil dan bisa dikatakan sedikit sekali terpengaruh dengan gejolak pasar modal dan pasar uang. Bisa dikatakan Deposito adalah produk Investasi dengan risiko paling rendah.

3. Jaminan Keamanan

Satu lagi manfaat deposito yang bisa dijadikan pilihan bagi investor pemula. Adalah tingkat keamanan uang yang disimpan pada produk investasi deposito. Keberadaan dana pada deposito telah dijamin oleh negara. Hal ini bermaksud agar memberi rasa aman kepada masyarakat.

Negara pun menjamin setiap simpanan nasabah bank sebanyak 2 miliar dengan tingkat suku bunga tertinggi 7,5 persen.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com