Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Tingkatkan Pemanfaatan Pembayaran Tol Elektronik

Kompas.com - 29/06/2017, 13:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyatakan terus meningkatkan alat pembayaran tol elektronik. Ini untuk membantu kelancaran perjalanan mudik pada periode libur hari raya Idul Fitri 1438 H.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas menyatakan, perseroan telah menempatkan dua unit mobil ATM keliling di rest area di ruas tol Jakrta-Cikampek. Ini untuk melengkapi jaringan ATM dan EDC Bank Mandiri di merchant di berbagai ruas rol di sepanjang jalur mudik.

Dengan demikian, pemudik dapat memperoleh kemudahan dalam mengisi ulang kartu tol elektronik berlogo e-money. Bank Mandiri juga mensosialisasikan keuntungan dan kemudahan pemanfaatan alat bayar tol elektronik ini kepada para pemudik.

Rohan meuturkan, ini adalah salah satu dukungan kepada rencana kewajiban penerapan sistem pembayaran elektronik di seluruh ruas tol secara nasional pada Oktober mendatang.

"Dengan jumlah kartu berlogo e-money beredar yang telah mencapai lebih dari 9 juta keping di masyarakat, kami ingin memastikan agar pemudik dapat mengoptimalkan alat pembayaran elektronik ini, khususnya menjelang arus balik yang diperkirakan mulai ramai sejak H+3 kemarin," kata Rohan dalam pernyataan resmi, Kamis (29/6/2017).

Saat ini, tuturnya, perseroan juga ikut mendukung regulator dan operator jalan tol mensosialisasikan cara penggunaan alat pembayaran elektronik di jalan tol kepada pemudik, baik dengan sistem terbuka maupun tertutup.

Sistem terbuka artinya pengendara langsung membayar saat masuk ke gerbang tol, sedangkan sistem tertutup yakni pengguna jalan mengambil tiket di gerbang tol masuk dan membayar di gerbang keluar.

"Pada sistem tertutup, pemudik harus menempelkan kartu elektronik pada mesin pembaca yang disediakan saat masuk jalan tol dan menyerahkan kartu elektronik tersebut ke petugas saat bertransaksi di pintu keluar. Dengan demikian, pemudik tidak perlu mengambil kartu tanda masuk elektronik saat masuk pintu tol," imbuh Rohan.

Selama periode Januari hingga Mei 2017, pengguna kartu uang elektronik e-money telah mencapai 188 juta transaksi per bulan dengan nilai sebesar Rp 2 triliun, tumbuh 57 persen dari periode yang sama tahun lalu. Dari nilai tersebut, transaksi terbesar terjadi di gerbang tol yakni sebesar 71 persen dari total transaksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com