Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Buka Peluang Kerja Sama Perdagangan Bebas dengan Meksiko

Kompas.com - 29/06/2017, 16:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

SHANGHAI, KOMPAS.com - China dikabarkan membuka peluang negosiasi kesepakatan perdagangan bebas dengan Meksiko. Hal ini diwartakan oleh kantor berita Xinhua berdasarkan pernyataan duta besar China untuk Meksiko.

Mengutip Reuters, Kamis (29/6/2017), kemungkinan ini muncul di tengah ketidakpastian yang dihadapi Meksiko terkait masa depan kesepakatan perdagangan bebas dengan Amerika Serikat.

Duta Besar China untuk Meksiko Qiu Xiaoqi menyatakan, China bersedia untuk berdiskusi dengan Meksiko terkait perdagangan bebas.

Meskipun demikian, hingga saat ini belum ada diskusi yang terjadi di antara kedua negara. Pernyataan tersebut dikemukakan Qiu pada sebuah acara akademik di Mexico City.

"Apabila kita menegosiasikan kesepakatan perdagangan bebas, ini akan sangat bermanfaat bagi pertukaran perdagangan di antara kedua negara. Tidak ada kesulitan dari sisi China," ujar Qiu.

Menurut Qiu, Meksiko adalah mitra dagang terbesar kedua bagi China di kawasan Amerika Latin. Adapun Chiba adalah mitra dagang terbesar kedua di dunia bagi Meksiko.

"Ini adalah hubungan yang sangat penting dan kita memiliki kepentingan untuk memperdalam dan memperluas hubungan ini," jelas Qiu.

Meksiko sendiri sangat ingin untuk melepaskan ketergantungan ekonominya dengan AS. Ini terkait juga dengan kemungkinan pengetatan kebijakan perdagangan yang diberlakukan Presiden Donald Trump, mengingat dia berjanji melindungi lapangan kerja agar tidak keluar dari AS.

China dan Meksiko telah mempererat hubungan sejak akhir tahun lalu. Ini sejalan dengan keluarnya AS dari kesepakatan perdagangan global, termasuk Kerja Sama Kemitraan Trans-Pasifik (TPP). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com