Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari ini, 18 Gardu Gerbang Tol Palimanan Arah Jakarta Dibuka

Kompas.com - 02/07/2017, 13:16 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak meningkatnya H+3 Lebaran lalu, PT LMS mengoptimalkan gardu di Gerbang Tol Palimanan Utama sampai dengan kapasitas maksimal. Bahkan pagi ini, 18 gardu tol dibuka untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan.

"Pagi tadi kami mengoperasikan 18 gardu untuk arah Jakarta, dan 7 gardu untuk arah Cirebon,” ujar Wakil Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya Firdaus Azis dalam keterangan resmi, Minggu (2/7/2017).

Kepadatan kendaraan pemudik diprediksi masih akan terjadi hari ini. Hal itu lantaran baru sekitar 60 persen kendaraan pemudik yang sudah kembali ke Jakarta dan sekitarnya.

Pengelola PT LMS kembali mengimbau para pemudik yang melalui Tol Cipali untuk mematuhi peraturan lalu lintas pada H+6 Lebaran, Minggu (2/7/2017). Termasuk untuk tidak memutuskan parkir di bahu jalan agar tidak mengganggu arus lalu lintas dan menyebabkan kemacetan panjang.

Selain itu, PT LMS juga meminta para pengemudi untuk tidak memaksakan diri masuk ke dalam rest area jika sudah penuh.

Rest area menjadi titik utama penyebab kemacetan di Tol Cipali. Sejak Jumat lalu, kemacetan panjang terjadi di Tol Cipali arah Jakarta. Bahkan kemarin, kemacetan mengular hingga mencapai 59 Km.

Salah satu penyebab parahnya kemacetan di ruas tol terpanjang di Indonesia itu lantaran banyaknya kendaraan pemudik yang diparkir di bahu jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com