Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Balik di Bandara Soekarno-Hatta Diperkirakan pada 4 Juli

Kompas.com - 02/07/2017, 14:37 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) memperkirakan puncak arus balik di Bandara Soekarno-Hatta akan terjadi pada Selasa (4/7/2017).

Sebanyak 190.000 pemudik dari berbagai daerah akan balik ke daerah Jabodetabek melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Public Relation Manager AP II, Yado Yarismano mengatakan, perkiraan tersebut disebabkan libur sekolah yang masih panjang hingga pada 13 Juli 2017 mendatang.

"Puncaknya menurut estimasi malah H+8. Ini dari Hasil analisa berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya dan estimasi tahun ini," ujar Yado saat dihubungi, Minggu (2/7/2017).

Yado mengungkapkan, pergerakan pemudik di Bandara Soekarno-Hatta dari H-10 hingga H+5 mencapai 3,2 juta penumpang. Jumlah tersebut naik 10 persen dibandingkan tahun lalu periode yang sama.

"Untuk pergerakan pesawat sekitar 21.000 pergerkan ataunaik 3,5 persen dibanding tahun lalu. Untuk penumpang banyak dari Yogyakarta, Solo, Semarang, Medan dan Balikpapan ," ungkap dia.

Dalam hal ini, tambah Yado, perseroan terus memastikan seluruh fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta bisa, agar dapat melayani penumpang arus balik. 

"Jumlah itu naik dari rata-rata harian penumpang yang mencapai 150.000 penumpang. Untuk antisipasi Kami tetap menyiagakan personel pengamanan yang dibantu dari TNI dan Polri," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com