Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juni 2017, Produksi Minyak OPEC Sentuh Level Tertinggi Tahun Ini

Kompas.com - 05/07/2017, 05:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Produksi minyak Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) mencapai level tertinggi sepanjang tahun ini pada Juni 2017.

Peningkatan ini terjadi lantaran negara-negara anggota yang tidak ikut serta dalam kesepakatan pemangkasan produksi menghasilkan minyak lebih banyak.

Mengutip Bloomberg, Selasa (4/7/2017), anggota OPEC meningkatkan produksi minyak mereka sebesar 260.000 barrel per hari (bph) bila dibandingkan Mei 2017.

Ini didasarkan pada survei Bloomberg yang dilakukan terhadap analis, perusahaan minyak, dan data pelacakan pengiriman.

Separuh dari peningkatan produksi tersebut berasal dari Libya dan Nigeria. Kedua negara itu adalah anggota OPEC, namun tidak ikut serta dalam kesepakatan pemangkasan produksi.

Selasa 8ini (4/7/2017), harga minyak melemah setelah mengalami penguatan tertinggi sepanjang tahun ini.

Acuan harga minyak Brent turun 0,6 persen menjadi 49,40 dollar AS per barrel, sementara acuan harga minyak West Texas Intermediate (WTI) turun 0,5 persen menjadi 46,82 dollar AS per barrel.

OPEC mulai sepakat memangkas produksi pada Januari 2017 lalu guna mengurangi pasokan yang membengkak dan mendorong penguatan harga.

Pada Mei 2017 lalu, OPEC dan beberapa negara produsen non-OPEC sepakat memperpanjang pemangkasan produksi selama sembilan bulan ke depan hingga Maret 2018 lantaran pasar minyak gagal mencapai keseimbangan kembali.

Peningkatan produksi di Libya dan Nigeria mengancam keberlangsungan pemangkasan produksi yang dilakukan negara-negara OPEC lainnya.

Produksi minyak Libya kini mencapai level tertinggi dalam 4 tahun, kembali ke atas 1 juta bph.

Di antara negara OPEC yang sepakat memangkas produksi, peningkatan produksi tertinggi justru terjadi di Arab Saudi, yakni naik 90.000 bph pada Juni 2017.

Sementara itu, produksi minyak Angola dan Uni Emirat Arab sama-sama meningkat 40.000 bph.

Selama paruh pertama tahun ini, 11 negara anggota OPEC yang sepakat memangkas produksi mencatat tingkat kepatuhan penuh.

Termasuk Libya dan Nigeria, total produksi minyak OPEC tetap sekitar 390.000 bph. 

Kompas TV Harga minyak dunia kembali meningkat pada perdagangan Kamis (1/6) kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com