Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LJK Didorong Terapkan Program Keuangan Berkelanjutan

Kompas.com - 12/07/2017, 14:13 WIB
Moh. Nadlir

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan meneruskan program pilot project second movers dengan melibatkan seluruh Lembaga Jasa Keuangan (LJK) sampai tahun 2024 mendatang.

Terlebih dengan dengan berakhirnya pilot project the first movers on sustainable banking yang diluncurkan sejak November tahun 2015 lalu.

"Project itu untuk mengimplementasikan prinsip keberlanjutan, khususnya dalam menerapkan manajemen risiko sosial dan lingkungan hidup ke dalam proses bisnis," kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad di Denpasar, Bali, Rabu (12/7/2017).

Pilot project itu merupakan komitmen dari delapan bank peserta antara lain Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, Bank Artha Graha, BPD Jawa Barat Banten, Bank Muamalat, dan Bank BRI Syariah.

"Sudah terlaksana sesuai jadwal yang telah ditargetkan yaitu selama 18 bulan. Karenanya OJK secara resmi menutup pilot project the First Movers on Sustainable Banking hari ini," tutup Muliaman.

Demi mendukung implementasi roadmap keuangan berkelanjutan, awareness LJK pun telah ditingkatkan melalui penyelenggaraan training analis lingkungan hidup (TAL) dan training of trainers (ToT).

"Ratusan pegawai sudah mendapatkan pemahaman mengenai pengelolaan risiko lingkungan dan sosial serta mengenai sektor usaha yang ramah lingkungan," kata Muliaman.

Tak hanya itu, OJK juga telah membuat beberapa panduan program keuangan berkelanjutan bagi LJK bekerja sama dengan para ahli dan lembaga terkait dunia seperti USAID, IFC, UNIDO, GIZ dan WWF.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com