Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Kapal Laut Naik 3,09 Persen pada Angkutan Lebaran 2017

Kompas.com - 12/07/2017, 18:52 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatatkan jumlah penumpang kapal laut pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2017 sebanyak 1,72 juta penumpang.

Jumlah tersebut naik 3,09 persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 1,67 juta penumpang.  Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub, Bay M Hasani mengatakan, pada masa angkutan Lebaran sebanyak 52 pelabuhan telah dipantau dengan periode mulai dari 10 Juni 2017 (H-15) hingga 11 Juli 2017 (H+15).

"Tercatat 10 pelabuhan terpada pada angkutan lebaran diantaranya Pelabuhan Batam, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Sungai Pakning, Ternate, Tanjung Uban, Tanjung Batu Kundur, Tarakan, Tanjung Perak, dan Makassar," ujar Bay di Kantor Kementerian Perhubungan, Rabu (12/7/2017).

Bay menuturkan, puncak arus mudik terjadi pada H-2 dengan jumlah penumpang sebanyak 81.438 penumpang, sedangkan ?puncak arus balik terjadi pada H+6 dengan 72.316 penumpang.

Sementara itu, terdapat penumpukan penumpang di pelabuhan yang tidak terpantau oleh Kemenhub. Pelabuhan tersebut diantaranya Pelabuhan di Kepulauan Masalembu dan Pelabuhan Batulicin, Banjarmasin.

"Ternyata ada pelabuhan uang tidak masuk dalam monitoring kita, penumpangnya membludak pada saat tertentu. Contoh misalnya Masalembu. Pada H-2 dan H-3 itu ternyata penumpang melebihi kapasitas kapal, sampai Kita nggak berangkatkan, tetapi Kita cari kapal lain, kapal pengganti," jelas dia.

Meski demikian, Bay mengaku pelaksanaan angkutan laut pada sektor laut berjalan dengan lancar.

"Mudah-mudahan tahun depan antisipasi lebih baik lagi. Jadi di titik-titik tertentu ada lonjakan penumpang, harus Kita monitor, dan harus kita persiapkan matang," pungkas dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com