Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mei 2017, Penjualan Eceran Meningkat

Kompas.com - 12/07/2017, 19:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) dalam Survei Penjualan Eceran melaporkan peningkatan pertumbuhan penjualan eceran pada Mei 2017.

Ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Mei 2017 yang tumbuh 4,3 persen secara tahunan (yoy), lebih tinggi dibandingkan 4,2 persen (yoy) pada April 2017.

Peningkatan penjualan ritel terutama terjadi pada kelompok makanan yang tumbuh 9,7 persen (yoy), lebih tinggi dari 8,4 persen (yoy) pada April 2017.

Secara regional, penjualan eceran yang tumbuh meningkat terjadi di kota Semarang dan Bandung.

"Pertumbuhan penjualan eceran yang meningkat diperkirakan berlanjut pada Juni 2017, sebagaimana tercermin dari IPR yang tumbuh menjadi 6,7 persen (yoy)," tulis bank sentral dalam pernyataan resmi, Rabu (12/7/2017).

Peningkatan penjualan ritel terjadi baik pada kelompok komoditas makanan maupun non makanan yang masing-masing diperkirakan tumbuh sebesar 10,9 persen (yoy) dan 0,5 persen (yoy).

Hal tersebut sejalan dengan meningkatnya permintaan masyarakat pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Penjualan eceran mulai membaik sepanjang periode pada kuartal II 2017 dibandingkan kondisi di awal tahun.

Namun, tingkat pertumbuhannya masih jauh lebih rendah dari periode yang sama di tahun 2016 yang mencapai pertumbuhan tertinggi 16,3 persen (yoy) pada Juni 2016.

Survei juga mengindikasikan bahwa tekanan kenaikan harga pada tiga bulan mendatang, yakni bulan Agustus 2017 di tingkat pedagang eceran diperkirakan menurun dibandingkan bulan sebelumnya.

Indikasi tersebut terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang sebesar 138,3 lebih rendah dari 146,7 pada bulan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com