Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pidato Yellen Tenangkan Pasar, Dow Jones Sentuh Rekor Baru

Kompas.com - 13/07/2017, 06:17 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Indeks Dow Jones menguat hingga menyentuh rekor baru di akhir perdagangan Rabu waktu AS atau Kamis (13/7/2017) dini hari waktu Indonesia.

Penguatan indeks mengikuti momentum sentimen rencana Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga acuannya secara bertahap.

Gubernur The Fed Janet Yellen dalam pidatonya menyatakan akan mengetatkan kebijakan moneter serta mengurangi neraca keuangannya. Menurut Yellen, suku bunga acuan yang netral mengaju pada kebijakan yang tidak mendorong maupun menghambat aktivitas ekonomi.

Indeks Dow Jones menguat 123,07 poin atau 0,57 persen dan ditutup di posisi terttinggi 21.532,14.

Sementara itu, indeks S&P 500 ditutup menguat 17,72 poin atau 0,73 persen ke level 2.443,25 dan indeks Nasdaq menguat 67,87 poin atau 1,10 persen menjadi 6.261,17.

Investor menyambut pola kebijakan Yellen yang cenderung dovish, serta menghapus kekhawatiran mengenai melemahnya laju inflasi.

"Pelaku pasar sebelumnya khawatir mengenai kebijakan The Fed yang hawkish. Yellen menyatakan akan mempertimbangkan apa yang menjadi harapan pasar. Karena itu, pasar gembira menyambut pidato tersebut," ujar chief investment officer Cornerstone Financial Partners, Chris Zaccarelli, di North Carolina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com