Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Fed: Ruang Kenaikan Suku Bunga Acuan Terbatas

Kompas.com - 13/07/2017, 10:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Suku bunga acuan AS Fed Fund Rate (FFR) kemungkinan cenderung rendah secara historis dalam jangka waktu yang cukup lama.

Hal ini diungkapkan pimpinan bank sentral AS Federal Reserve Janet Yellen dalam pidatonya, Rabu (12/7/2017) waktu setempat.

Mengutip BBC, Kamis (13/7/2017), Yellen menyatakan The Fed saat ini berencana untuk melakukan normalisasi kebijakan. Namun, The Fed melakukan itu tidak untuk mendorong atau membatasi kegiatan ekonomi.

Selain itu, Yellen juga mengungkapkan bahwa FFR tidak akan naik ke level yang sangat tinggi untuk mencapai level yang dianggap netral. Dalam kesempatan itu, Yellen juga menyatakan The Fed mengekspektasikan kenaikan FFR dalam beberapa tahun ke depan.

Pada kesempatan itu, Yellen melaporkan kepada Kongres terkait kebijakan The Fed dan outlook ekonomi.

Pasar tenaga kerja AS menguat dan inflasi diperkirakan menuju sasaran target The Fed, yakni 2 persen. Selain itu, perekonomian global juga membaik, meskipun beberapa tantangan masih ada.

The Fed, kata Yellen, berkomitmen untuk bergantung pada suku bunga acuan sebagai instrumen kebijakan dan mengatakan bahwa banyak koleganya mengekspektasikan kenaikan FFR satu kali lagi di tahun ini.

"Akan tetapi suku bunga cenderung tidak meningkat ke level yang dulu dianggap umum," ujar Yellen.

Dalam beberapa tahun terakhir, The Fed telah melakukan peningkatan FFR secara gradual. Sebelumnya, The Fed menurunkan FFR ke tingkat yang rendah guna mendorong kegiatan ekonomi meski dilanda krisis finansial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com