Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Industri Keuangan Dapat Apresiasi BI

Kompas.com - 18/07/2017, 14:23 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memberikan apresiasi atas tata kelola dan kinerja para pelaku ekonomi. Ada 30 penghargaan yang diberikan bagi individu, korporasi, perbankan, dan media dari 16 kategori.

Penghargaan diberikan kepada para pelaku ekonomi dan tokoh bangsa yang dalam beberapa waktu terakhir telah memberikan kontribusi dan kinerja terbaiknya untuk mengawal dan memajukan perekonomian Indonesia.

"Serta memberikan inspirasi bagi peningkatan kualitas dan tata kelola perekonomian bangsa," kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo di Birawa Assembly Hall, Selasa (18/7/2017).

Agus menyatakan, penghargaan tersebut diberikan melalui proses penjurian baik dari unsur internal maupun eksternal.

Dengan demikian, hanya perusahaan maupun individu terbaik yang layak memperoleh penghargaan ini.

Beberapa penghargaan yang diberikan di antaranya Bank Pendukung Pengendalian Moneter Rupiah dan Valas Terbaik kepada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan Bank Pendukung Pengendalian Moneter Syariah Terbaik kepada PT Bank Syariah Mandiri.

Adapun penghargaan Bank Pendukung Pendalaman Pasar Keuangan Terbaik diberikan kepada PT Bank Central Asia Tbk.

Adapun Peserta Sistem BI-RTGS dan BI-SSSS Terbaik adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan Peserta Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) adalah PT Bank Central Asia Tbk.

Sementara itu, Bank Terbaik dalam mendukung sirkulasi uang rupiah di daerah terpencil, terluar, dan terdepan adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Waingapu untuk kategori bank umum dan PT Bank Kalimantan Barat Cabang Singkawang untuk kategori bank pembangunan daerah (BPD).

Perusahaan layanan keuangan berbasis teknologi (financial technology/fintech) teraktif pendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) Inklusi dan Edukasi Keuangan serta Pemberdayaan UMKM adalah PT Dompet Anak Bangsa (GoPay) bekerja sama dengan Go-Jek.

Bank Pendukung UMKM Terbaik untuk kategori BUKU III dan IV adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Central Asia Tbk.

Adapun untuk kategori BUKU I dan II adalah PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah, PT Bank Pembangunan Daerah Bali, dan PT Bank Mandiri Taspen Pos.

Penghargaan juga diberikan kepada KH Ma'ruf Amin sebagai Penggiat Ekonomi Syariah Terbaik dan Penghargaan Lifetime Achievement kepada Rachmat Saleh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com