Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Resmikan Perizinan Online BPTJ dan Fleet Management Perum PPD

Kompas.com - 18/07/2017, 18:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan perizinan sistem online di kantor Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) pada Selasa (18/7/2017).

Pada acara yang sama, Kemenhub juga meresmikan penggunaan perizinan sistem online dan peluncuran penggunaan Fleet Management System (FMS) Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD).

Acara peresmian ini dipimpin oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi beserta Plt. Kepala BPTJ Bapak Bambang Prihartono.

Acara peresmian juga dihadiri oleh Direktur Perusahaan Perum PPD Bapak Tatan Rustandi dan jajaran pimpinan unit Perum PPD.

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa perizinan sistem online memudahkan perusahaan transportasi maupun perusahaan penyedia aplikasi jasa transportasi berbasis aplikasi untuk melakukan perizinan kendaraan-kendaraan. 

Hal ini dikarenakan dengan adanya perizinan sistem online para pengusaha tidak perlu datang ketempat perizinan.

Di sisi lain, penyedia jasa transportasi selaku content provider, haruslah memenuhi perizinan di bidang transportasi.

Hal ini dikarenakan, berdasarkan UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan PP No. 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan, Perusahaan angkutan umum wajib memenuhi standar pelayanan minimal yang meliputi keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan dan keteraturan, yang ditetapkan berdasarkan jenis pelayanan yang diberikan.

Selain peresmian perizinan online, pada hari yang sama juga diresmikan Fleet Management System yang dikembangkan oleh Perum PPD.

Sistem IT berbasis online juga digunakan oleh Perum PPD guna meningkatkan efektifitas kinerja Perum PPD.

Sejak dulu pemerintah terus mendorong para operator untuk dapat membangun sistem yang baik demi  efektifitas.

“Manajemen perusahaan operator bus harus baik sehingga dapat meningkatkan kinerja yang nantinya berimbas kepada efektivitas perusahaan” ujar Tatan Rustandi.

Salah satu perusahaan otobus yang telah siap dengan system ini adalah perum PPD yang memanfaatkan teknologi IT berbasis online “Fleet Management System”.

Setidaknya ada 4 hal yang disasar oleh sistem ini yaitu: sumber daya manusia, pemeliharaan, operasional, dan keuangan.

Melalui fleet management system diharapkan 4 hal tersebut semakin efektif dan efisien sehingga menejemen perusahaan menjadi semakin baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com