Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resesi AS, Asia Tenggara Paling Menderita

Kompas.com - 23/01/2008, 12:14 WIB

WASHINGTON,SELASA - Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan Asia Tenggara akan menjadi wilayah yang paling mendapat pukulan di sektor ekspor akibat pelambatan ekonomi di Amerika Serikat (AS).

Menurut Deputy Director IMF untuk Asia Pasifik Steven Dunaway, Selasa (22/1) waktu setempat, resesi di AS akan diikuti dengan penurunan ekspor dari Asia, termasuk negara-negara di Asia Tenggara dan China. Berdasarkan pengalaman, sebutnya,  setiap 1 persen penurunan  pertumbuhan ekonomi AS, maka pertumbuhan ekonomi Asia juga akan turun 0,5-1 persen.

"Negara-negara Asia Tenggara aka menghadapi masa sulit dengan pelambanan ekonomi di AS dan juga akan mendapatkan persaingan dari China," ujarnya dalam forum ekonomi China di Woodrow Wilson International Center for Scholars di Washington.

Dikatakannya negara-negara Asia akan berkompetisi untuk memperebutkan kue yang makin kecil bila impor AS mengecil. Dia mengungkapkan kemungkinan China akan menurunkan harga untuk lebih meningkatkan daya saingnya. "Hal ini akan menambah tekanan terhadap negara-negara Asia Tenggara," ujarnya.(AFP/EDJ)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com