Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PGE Sukses Uji Coba Sumur Tanggamus

Kompas.com - 22/11/2008, 14:59 WIB

JAKARTA, SABTU - PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) akhirnya berhasil mengembangkan uji produksi sumur UBL 3, di Desa Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.
   
Hal tersebut disampaikan Manajer Humas PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), Adiatma Sardjito melalui siaran persnya yang diterima Sabtu (22/11). "Hasil pencatatan sementara sumur UBL 3 dapat menghasilkan energi listrik lebih dari 10 Mega Watt (MW)," ujarnya.
   
Sumur UBL 3 merupakan satu dari 15 sumur di daerah Ulubelu untuk pembangkitan listrik 2 x 55 MW, ungkapnya. Potensi cadangan panas bumi di daerah ini mencapai 300 MW.
   
Tahap pertama PT PGE akan menyuplai uap kepada pembangkit listrik PLTP unit 1 dan 2 milik PT PLN. "Untuk pengembangan selanjutnya, akan diusahakan secara total proyek ini oleh PT PGE," katanya.
   
Sumur UBL 3 memiliki kedalaman pengeboran berarah hingga 2320 mku (meter kedalaman ukur), temperatur di reservoir 260 derajat celcius dengan reservoir bertipe dominasi air, katanya.
   
Ia mengatakan, pengeboran pada sumur ini dimulai pada 31 Maret dan selesai pada  31 Mei 2008, serta dikerjakan oleh tenaga ahli dari dalam negeri.
   
PT PGE merupakan anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero) yang bergerak dalam bidang pengelolaan energi panas bumi. PT PGE menghasilkan listrik sebesar 252 MWe yang berasal dari lapangan panas bumi Kamojang, Lahendong, Sibayak. Saat ini PT. PGE juga sedang melakukan eksplorasi di berbagai daerah seperti Lumut Balai (Sumatera Selatan), Hulu Lais (Bengkulu), Sungai Penuh (Jambi).
   
Diharapkan pada jangka waktu lima tahun ke depan PT. PGE dapat menghasilkan listrik sebesar 800 MW.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com