Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha Minta Pemerintah Sediakan Modal Ventura

Kompas.com - 11/02/2009, 14:31 WIB

JAKARTA, RABU — Menyikapi keengganan perbankan nasional untuk menurunkan suku bunga pinjaman, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk kembali menghidupkan modal ventura. Modal ventura dinilai sebagai alternatif permodalan selain bank.

Hal ini ditegaskan Ketua Umum HIPMI Erwin Aksa seusai bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/2) siang. Menurut Erwin Aksa, pembentukan modal ventura ini perlu dianggarkan dalam program stimulus pemerintah. "Ini agar bisa menggerakkan ekonomi pemula, ekonomi kreatif yang tidak bankable, dan yang tidak memiliki jaminan atau track record di perbankan," ujar Erwin Aksa.

Modal ventura merupakan suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha (investee company) untuk jangka waktu tertentu.

Pada umumnya investasi ini dilakukan dalam bentuk penyerahan modal secara tunai yang ditukar dengan sejumlah saham pada perusahaan pasangan usaha. Investasi modal ventura ini biasanya memiliki suatu risiko yang tinggi, tetapi memberikan imbal hasil yang tinggi pula.

Selain mendesak penghidupan kembali modal ventura, HIPMI mendorong Kepala Negara untuk merelaksasi aturan perbankan yang saat ini menjadi domain Bank Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com