Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jualan BBM, Pemerintah Untung Rp 1,3 Trilliun

Kompas.com - 16/02/2009, 16:53 WIB

JAKARTA,SENIN - Selama bulan Januari 2009 Pemerintah Indonesia telah memperoleh pemasukan sebesar Rp 1,3 trilliun dari hasil penjualan BBM.

Hal tersebut diungkapkan Mentri Komunikasi dan Informasi M.Nuh ketika di temui kantornya usai menghadap Presiden di Istana Negara Jakarta, Senin (16/2). "'Keuntungan pemerintah dari penjualan BBM bulan yang lalu (Januari) sebesar Rp 1,2 trilliun - Rp 1,3 trilluin," ujar Nuh.

Nuh mengatakan, setiap bulan Presiden bersama menteri terkait akan membahas tarif BBM sebagai harga konsumsi di masyarakat. Pertimbangan harga minyak dunia yang dan kurs rupiah terhadap dollar yang masih tinggi belum mempengaruhi harga BBM naik atau turun.

Selain itu, postur Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) menjadi pertimbangan selanjutnya. Ketika harga bensin mencapai Rp 6000 per liter, subsidi ikut tinggi ditambah anggaran dari pos lain untuk menutupinya.

"Ketika bensin turun, subsidi menjadi rendah dan dialihkan ke anggaraan yang posnya telah terpakai," tambah Nuh.

Ujung dari pertimbangan tadi, lanjut Nuh, akan berpengaruh terhadap sektor riil melalui pendapatan yang diperoleh melalui transaksi BBM. Hal ini untuk menjaga keuangan pemerintah serta memenuhi kebutuhan masyarakat umum. "Pastinya pemerintah tidak ingin memberi harga yang tidak logis dan menghindari adanya kenaikan,"jelas Nuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com