Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hipmi Minta Perbankan Turunkan Suku Bunga Pinjaman

Kompas.com - 10/03/2009, 19:17 WIB

JAKARTA, SELASA- Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) minta perbankan untuk mengurangi persaingan antarbank, sehingga bisa menekan tingginya suku bunga pinjaman. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Hipmi Erwin Aksa, di sela Sidang Dewan Pleno I Hipmi, Jakarta, Selasa (10/3).

Erwin mengatakan, pihaknya berharap agar suku bunga pinjaman bank pemerintah turun menjadi 11 persen, dan bank swasta turun ke 14 persen. "Kami berharap agar suku bunga turun. Bisa 11 sampai 14 persen," kata Erwin.

Saat ini, suku bunga pinjaman bank swasta berkisar antara 16-17 persen, sedangkan untuk bank pemerintah sekitar 12-13 persen. Menurutnya, Penurunan suku bunga pinjaman ke angka tersebut bisa membantu beban usaha yang selama ini terbebani oleh bunga yang sangat tinggi.

"Kalau suku bunga tidak tinggi, pengusaha tentu bisa menjaga cashflow-nya dengan baik. Kalau cashflow bisa dijaga tentunya pengusaha akan mampu bertahan dalam situasi ini," ujarnya.

Selain itu, Erwin mengatakan saat ini perbankan juga sangat ketat mengucurkan kreditnya. "Mereka (perbankan) sangat selektif melihat sektornya dan siapa yang mebiayai," ujarnya. Di samping ketat, kata Erwin, jumlah kredit yang dikucurkan juga sangat berkurang, serta tidak berani memberikan dalam jumlah besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com