Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virgin Blue Perluas Jangkauan ke Bali

Kompas.com - 30/03/2009, 16:40 WIB

BRISBANE, KOMPAS.com — Krisis keuangan global yang ikut memengaruhi perekonomian Australia tidak menghalangi grup maskapai penerbangan Australia, Virgin Blue, untuk meningkatkan rute penerbangan langsung barunya dari kota-kota utama negara itu ke Denpasar, Bali.
    
Informasi yang dihimpun Antara di Brisbane, Senin (30/3), menyebutkan, setelah kesuksesannya membuka rute penerbangan langsungnya ke Denpasar dari Brisbane, Adelaide, dan Perth tahun lalu, mulai 1 Juni 2009, Virgin Blue memperkuat cengkeramannya di Pulau Dewata dengan melayani penerbangan dari Sydney dan Melbourne.
    
Sementara itu, Pacific Blue yang melayani rute penerbangan internasional grup Virgin Blue juga akan menambah frekuensi penerbangan Adelaide-Denpasar dari dua kali menjadi tiga kali seminggu.
    
Untuk menarik minat konsumen yang ingin terbang ke Bali dari Melbourne dan Sydney antara 1 Juni dan 25 Juni 2009, serta 25 Juli dan 31 Agustus 2009, Pacific Blue sempat menawarkan harga tiket khusus sekali jalan senilai 299 dollar Australia.
    
Selama ini Pacific Blue merupakan satu-satunya maskapai penerbangan Australia yang melayani rute penerbangan langsung dari Adelaide dan Brisbane ke Denpasar.
    
Saat ini, maskapai penerbangan ini melayani sedikitnya 62 penerbangan internasional seminggu dari kota-kota pantai timur Australia ke Selandia Baru dan Pasifik Selatan.
    
Virgin Blue juga melayani langsung Cairns-Denpasar sejak Oktober 2008 untuk mempermudah para peselancar asal Gold Coast dan Sunshine Coast yang ingin berlibur ke Bali.
    
Penerbangan Virgin Blue ke Bali itu juga akan membantu para wisatawan backpackers Eropa di Bali yang hendak menikmati Great Barrier Reef di Queensland.
    
Maskapai penerbangan murah Australia lainnya, Jetstar, juga membidik pasar Bali dengan melayani rute penerbangan Brisbane-Darwin-Denpasar sejak 3 Desember 2008.
    
Sepanjang 2008, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI menargetkan 380.000 wisatawan Australia yang datang ke Indonesia, terutama Bali. Jumlah wisatawan Australia yang ditargetkan itu meningkat dibandingkan tahun 2007 yang tercatat 314.432 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com