Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Perusahaan Tambang Minta Bunga Bank Turun

Kompas.com - 07/04/2009, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan tambang yang tergabung dalam Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) mengharapkan perbankan nasional segera menurunkan suku bunga menyusul makin turunnya BI Rate.

Direktur Eksekutif APBI Supriyatna Suhala di Jakarta, Selasa (7/4), mengatakan, sekarang ini perbankan cenderung tidak segera menurunkan suku bunga mengikuti BI Rate yang kini sudah 7,5 persen. "Kami harapkan perbankan segera ikuti penurunan suku bunga BI Rate," katanya.
    
Menurut dia, perbankan nasional bisa menurunkan suku bunga dari sebelumnya 14-15 persen menjadi 11-12 persen. "Saya pikir dengan spread 4-5 persen dengan BI Rate sudah cukup bagi perbankan," ujarnya.
    
Supriatna juga mengatakan, sebagian besar perusahaan tambang batu bara skala besar, yakni generasi satu hingga tiga, yang telah melakukan penambangan cukup lama memang menggunakan dana perbankan asing.

Namun, katanya, perusahaan generasi selanjutnya sejak 3-4 tahun lalu sudah mulai memanfaatkan perbankan dalam negeri. "Bank-bank nasional itu biasanya berkonsorsium membiayai investasi tambang batu bara," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com