Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Bakal Terus Menguat

Kompas.com - 05/05/2009, 11:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Chief Economist BNI A Tony Prasetiantono memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS akan terus menguat hingga pekan depan. "Penguatan rupiah kemungkinan masih akan terjadi sampai pekan depan," kata Tony itu di Jakarta, Selasa (5/5).
    
Menurut dia, penguatan yang terus-menerus itu bahkan bukan mustahil akan semakin mendekati batas psikologis, yaitu Rp 10.000 per dollar AS.

Kondisi itu mencerminkan pemulihan perekonomian di Tanah Air makin menunjukkan hasil. "Penguatan itu juga paralel dengan kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan yang menembus level 1.800," katanya.
    
Semakin perkasanya nilai tukar rupiah juga mendorong kenaikan cadangan devisa negara. "Hal ini terjadi karena modal global banyak yang datang ke Indonesia," katanya.
    
Indonesia saat ini dipandang oleh investor asing sebagai negara yang aman dan kondusif. Tingkat prospektif Indonesia makin dinilai tinggi karena memiliki produk primer unggulan yang menjadi primadona pasar dunia, yaitu hasil tambang dan perkebunan.
    
Tony berpendapat, krisis politik yang memanas di Thailand dan "bom waktu" politik yang sewaktu-waktu bisa terjadi di Malaysia mendorong investor global mengalihkan perhatiannya ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com