Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepercayaan Konsumen Dorong Saham AS

Kompas.com - 27/05/2009, 06:21 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Nilai saham di bursa Wall Street, New York, menguat. Penguatan ini terjadi karena ada kenaikan tajam yang mengejutkan pada kepercayaan konsumen AS sehingga mendorong harapan pemulihan ekonomi serta mengikis kekhawatiran pasar pascauji coba nuklir dan peluru kendali Korea Utara.
     
Indeks saham Dow Jones Industrial Average meningkat 196,17 poin, atau 2,37 persen, menjadi berakhir pada 8.473,49. Sementara indeks saham teknologi Nasdaq naik 58,42 poin, atau 3,45 persen, menjadi 1.750,43 atau  persentase kenaikan terbaik sejak awal April.
     
Indeks Standard & Poor`s 500 bertambah 23,33 poin, atau 2,63 persen, menjadi 910,33 mencakar kembali  jalan di atas level psikologis 900 untuk pertama kalinya sejak 20 Mei. Hal ini berlangsung setelah para pelaku pasar kembali ke bisnis menyusul libur "Memorial Day" Senin (25/5). Nilai saham semula berada di bawah tekanan akibat kekhawatiran geopolitik menyusul uji coba nuklir ilegal kedua Korea Utara pada Senin.
     
Namun pasar mengabaikan berita itu, setelah rilis dari sebuah survei Conference Board menunjukkan lonjakan tak terduga dalam kepercayaan konsumen AS, sebuah kunci untuk meningkatkan belanja dan mengangkat ekonomi keluar dari resesi berkepanjangan.  Indeks kepercayaan konsumen dari grup riset bisnis, melonjak menjadi 54,9 pada Mei dari 40,8 pada April, tertinggi sejak September tahun lalu.
    
 "Sebuah lonjakan besar tak terduga dalam kepercayaan konsumen mendorong pasar menguat, meniadakan pelemahan awal dari kekhawatiran geopolitik sehubungan dengan program nuklir Korea Utara," tutur analis Charles Schwab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com