Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Depot Filling Plant LNG Makassar Terbakar

Kompas.com - 13/06/2009, 10:25 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Depot Filling Plant LNG Region V Gas Domestik Pertamina di Makassar terbakar hebat, Sabtu (13/6) sekitar pukul 08.30 WITA. Hingga pukul 10.30 WITA, api masih berkobar di dekat tiga tangki penyimpanan LNG dan sejumlah tangki bahan bakar minyak lainnya. Sedikitnya tiga orang dilaporkan terluka dalam kecelakaan itu.

Salah satu saksi mata, M Amir Sanusi, menuturkan tidak mendengar ledakan sebelum terjadi kebakaran. "Saya sedang bekerja di dalam gudang pabrik terigu di sebelah Filling Plant itu. Tiba-tiba terdengar sirine kebakaran, dan saat itu sudah ada truk pengisian gas yang terbakar," tutur Sanusi.

Api dengan cepat membakar bangunan yang berisi banyak tapung elpiji ukuran 12 kg. Lalu seluruh bangunan itu terbakar.

Juru bicara Pertamina, Rosinah Nurdin, ketika ditemui di lapangan menyatakan belum mengetahui penyebab kebakaran itu. "Kami akan memastikannya," kata Rosinah.

Rosinah membenarkan dirinya menerima informasi bahwa kebakaran disebabkan percikan api ketika filling plant sedang mengisi tanki gas salah satu truk distribusi LPJ. "Akan tetapi kebenaran informasi itu belum dapat saya pastikan," kata Rosinah.

Kepala Kesatuan Polisi Pengamanan Pelabuhan, Ajun Komisaris Besar Sri Rejeki B, membenarkan ada tiga korban dalam peristiwa itu, yaitu Jufri (44), Muhammad Idris (43), dan Siswono (36). "Mereka dirawat di rumah sakit Angkatan Laut. Kondisi terakhirnya saya belum tahu," kata Sri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com