Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Ada Travel Warning

Kompas.com - 24/07/2009, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.COM- Juru bicara Departemen Luar Negeri Teuku Faizasyah menegaskan, hingga saat ini belum ada satu negara pun yang mengeluarkan travel warning ke Indonesia, terkait ledakan bom yang terjadi Jumat (17/7) lalu.

"Sejauh yang kita ikuti belum ada negara yang mengeluarkan travel warning, sifatnya hanya travel advisory saja. Bahkan Australia hanya mengeluarkan travel advisory tahap empat," terang Faizasyah dalam media briefing di Gedung Departemen Luar Negeri, Jakarta, Jumat (24/7). Dengan demikian, lanjutnya, keputusan untuk mengunjungi Indonesia ada di tangan warga negara itu sendiri.

Pemberlakuan travel advisory, kata Faizasyah, adalah hal yang wajar sebagai bentuk perhatian negara kepada masyarakatnya. Pasalnya, jika terjadi suatu kasus besar dunia internasional akan memberikan informasi terbaru bagi masyarakatnya.

"Kasus bom adalah salah satu informasi yang di update di situs-situs negara besar. seperti mereka meng-update kasus-kasus yang dikhawatirkan akan memabahayakan warga negaranya," ujar dia.

Meski demikian, Deplu akan terus memantau apakah pemberlakuan travel advisory berdampak pada pengurangan wisatawan. Selain itu, ia mengharap, kondisi ini akan semakin membaik sehingga travel adivisory ini tidak akan meningkat menjadi travel warning. "Semoga jangan berkelanjutan," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com