Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darmin Fokus Turunkan Suku Bunga Pinjaman

Kompas.com - 27/07/2009, 15:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia di bawah kepemimpinan Darmin Nasution bakal melakukan beberapa langkah untuk menurunkan suku bunga pinjaman. Ketika dimintai konfirmasinya, Darmin mengatakan, pihaknya berjanji akan melakukan pembahasan dengan perbankan nasional sebagai upaya menurunkan suku bunga tersebut.

"Perlu dipelajari dan dibicarakan dengan perbankan. Jadi, caranya mungkin tidak hanya satu langkah, tetapi bisa saja gabungan dari berbagai langkah," kata Darmin seusai pelantikan dirinya menjadi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia oleh Ketua MA, menggantikan Miranda Goeltom, Senin (27/7).

Darmin mengatakan, penurunan suku bunga pinjaman merupakan hal yang banyak diminta oleh masyarakat. Pemotongan BI Rate yang telah dilakukan oleh BI sehingga menjadi 6,75 persen belum juga mampu menurunkan suku bunga pinjaman perbankan umum.

Dirinya juga membuka ruang untuk perbaikan Arsitektur Perbankan Indonesia (API) jika memang dikatakan tidak relevan lagi, termasuk menyelesaikan pembuatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang selama ini masih dalam pembahasan antara BI dan pemerintah.

"Memang perjalanan waktu menunjukkan barang kali struktur API perlu dibicarakan, tapi akan kita lihat saja bagaimana nantinya. Saya akan siap membicarakan lagi hal-hal yang perlu," katanya. Ia menambahkan, dirinya akan menggunakan seluruh pengalamannya sebagai Dirjen Pajak untuk melakukan reformasi di BI. (Uji Agung Santosa/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com